Mencari Solusi Inklusif Bagi Petani Karet & Keberlanjutan Suaka Marga Satwa Rimbang Baling

Permasalah – permasalah tersebut agaknya sering terjadi di Indonesia bahkan sering terulang – ulang terutama menjelang musim panen. Selain itu petani di Indonesia merupakan salah satu dari golongan penduduk miskin di Indonesia dikarenakan pendapatan petani yang masih di bawah rata – rata. Untuk membuat petani Indonesia makmur dan mencapai swasembada bahan pangan agaknya masih sangat jauh dan sulit dicapai. Alhasil, tidaklah heran jika kelapa sawit menjadi salah satu buah primadona andalan Indonesia dalam menunjang perekonomian terutama dalam hal ekspor.

Namun mainset petani di Indonesia yang masih belum berubah sehingga membuat kebijakan demi kebijakan masih sangat sulit tercapai. Disisi lain banyaknya kalangan muda yang merupakan generasi milenial, yang sangat terbuka terhadap perkembangan teknologi namun justru malah mulai meninggalkan pekerjaan petani dan memilih pekerjaan yang lebih menjanjikan. Padahal jika perkembangan teknologi yang begitu pesat dan diterapkan dalam pertanian di Indonesia, bukan tidak mungkin Indonesia bisa menjadi pesaing dalam bidang ekspor hasil pertanian di dunia sejajar dengan Amerika Serikat, China, dan Australia. Di sisi lain pemberian subsidi harga pupuk, benih, dan alat produksi pertanian juga akan semakin membuat produktivitas lebih berdaya saing. Oleh karena itulah, daripada pemerintah memikirkan kebijakan impor beras, alangkah lebih baik jika pemerintah memperbaiki integrasi ketahanan pangan dalam negeri.

Pelajar setiap hari pasti menghitung/menimbang-nimbang barang konsumsi apa yang akan saya beli dan kepuasan yang saya dapatkan apabila melakukan pengorbanan sekian. Hal-hal tersebut merupakan bukti konkret bahwa ekonomi tidak akan lepas dari kehidupan sekitar kita. Melalui penggalian ilmu dan wawasan, pelajar dapat memahami permasalahan di sekitarnya sehingga nanti akan muncul ide-ide kreatif yang dapat diimplementasikan untuk menanggulangi dampak-dampak permasalahan ekonomi tersebut. Pelajar selain menggali ilmu dan wawasan, juga dapat membantu pemerintah dalam rangka penguatan produksi-produksi barang dalam negeri dengan melakukan gerakan cinta produk dalam negeri dan senantiasa membeli produk dalam negeri daripada produk dalam negeri. Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya bahwa pelajar tak akan lepas dari satu bentuk konsumsi. Melalui peluang ini, pelajar seharusnya mampu menempatkan diri pada masyarakat ekonomi yang bebas ini dengan melakukan pembelian produk-produk dalam negeri.

Pada masa awal pandemi Covid-19, pemerintah sangat antusias terhadap pengembangan lumbung pangan baru di luar Pulau Jawa, yakni Provinsi Kalimantan Tengah, sebagai sumber cadangan logistik nasional yang dipersiapkan untuk mencegah kekurangan pasokan pangan dalam negeri. Oleh karena itu Kota Balikpapan memiliki komoditi unggulan yang dihasilkan oleh masing-masing wilayah, baik sektor pertanian maupun dari sektor Industri pengolahan yang memanfaatkan bahan baku hasil pertanian. Sistem ekonomi sangat berpengaruh pada peningkatan penghasilan negara maritim dari sektor perdagangan melalui laut baik berupa impor maupun ekspor.

Menjadikan ekspor sebagai mata pencharian

Menurut perwakilan anggota WTO, Indonesia konsisten menjalankan sistem ekonomi dan perdagangan yang terbuka dan meningkatkan kolaborasi untuk meningkatkan kesejahteraan bersama. “Indonesia sudah melaksanakan langkah-langkah yang baik dalam ekonomi dan perdagangan. Di tengah pandemi, Indonesia juga konsisten berkolaborasi untuk menjamin kelancaran barang dan jasa, khususnya yang berkaitan dengan kesehatan dan kebutuhan dasar,” ungkap perwakilan dari Tiongkok. Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan , Rina, mengatakan ekspor rumput laut dari Batam mengalami peningkatan yang signifikan di awal 2021. Kendati masih memegang predikat kontributor ekspor terbesar, posisi timah mulai digeser komoditas lainnya.

Adanya dukungan dari pemerintah pusat dan daerah untuk terus mengembangkan usaha perikanan budidaya dengan memanfaatkan lahan iddle (lahan yang terkena dampak air laut/rob) sebagai upaya ketahanan pangan, merupakan sinyal positif bagi kelanjutan usaha perikanan budidaya ini. Malaysia menawarkan iklim investasi yang baik dengan kebijakan pemerintahnya yang pro-investasi, liberalisasi, formulasi insentif, minimalisasi pajak, dan perlindungan kekayaan intelektual. Investor mendapatkan keuntungan dari dukungan infrastruktur Malaysia yang mencakup lebih dari 200 kawasan industri dan berbagai zona bebas. Malaysia memiliki 17 zona bebas komersial yang diperuntukkan bagi kegiatan komersial termasuk perdagangan,grading, pengemasan, trans-shipment, dan transit. Selain itu Malaysia memiliki 18 kawasan industri bebas yang memungkinkan perusahaan manufaktur yang berorientasi ekspor untuk menikmati bebas bea impor bahan baku, komponen, mesin dan peralatan.

Adanya space persawahan yang terkena dampak rob, membuat lahan yang bisa dimanfaatkan untuk tambak/budidaya mencapai 730 hektar. Salah satu komoditas budidaya yang prospek untuk dikembangkan di Kota Pekalongan adalah udang vaname karena mempunyai kelebihan yaitu toleran terhadap lingkungan dan tahan terhadap penyakit. Selain itu dukungan pendampingan, pembinaan teknis budidaya dan penyuluhan dari berbagai pihak terus ditingkatkan dengan model budidaya dengan sistem klaster . Keberpihakan pemerintah terhadap rakyat untuk mewujudkan ketahanan pangan, mewujudkan kemandirian dan kedaulatan ketahanan adalah sebuah keharusan. Pangsa produk domestik bruto pertanian naik dari 12,71% pada 2019 menjadi 13,71% pada 2020.

Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan merupakan tempat pendaratan kapal dan perahu motor yang menggunakan alat tangkap jenis Purse Seine dan Gill Net. Hasil tangkapan ikan laut yang didaratkan di PPNP sebagian besar menggunakan alat tangkap Purse Seine, Purse Seine Mini dan Gill Net. Sarana dan prasarana yang mendukung telah disiapkan Pemerintah Kota Pekalongan agar dapat menunjang usaha penangkapan, pendaratan sampai pelelangan ikan dan pengelolaan hasil tangkapan serta memperlancar rantai pemasaran. Pada kesempatan berbeda, Dirjen IKM Gati Wibawaningsih menyampaikan, industri busana muslim Indonesia terus berkembang pesat dan berdaya saing, mengingat semakin dikenal dan diakuinya kreativitas para perancang busana muslim nasional di kancah internasional. “Kami menargetkan di tahun 2020 Indonesia akan menjadi core space busana muslim dunia,” ujarnya. Bahwa hasil kelautan yang dieksploitasi di Wilayah Provinsi Maluku Utara sangat potensial dalam meningkatkan Penerimaan Dalam Negeri dan tumbuhnya penerimaan di sektor perpajakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.