Kbb Zona Oranye, Objek Wisata Boleh Buka, Pengunjung Dibatasi 25 Persen

Namun, sistem pajak worldwide yang diterapkan AS gagal memenuhi keempat prinsip tersebut karena sistem ini dianggap tidak setara, tidak jelas, rumit, dan tidak efisien. Dalam coverage paper yang diterbitkan oleh Republican Policy Committee, efek negatif penerapan sistem pajak worldwide yang menjadi pemicu diubahnya sistem pajak AS dari worldwide ke territorial dapat dijelaskan sebagai berikut. Beberapa jenis penghasilan, bahkan jenis WPDN tertentu, dikecualikan dari CFC guidelines. Untuk jenis penghasilan yang dikecualikan dari penerapan CFC rules UK, misalnya capital gain atau laba usaha di bidang properti. Selain itu, CFC guidelines UK juga tidak berlaku apabila CFC menjalankan kegiatan usaha yang signifikan .

Empat puluh dua di antaranya adalah negara yang menganut sistem pajak worldwide, baik yang predominantly dengan adanya skema penangguhan seperti di Indonesia, maupun dengan pembebasan dividen luar negeri. Hanya satu negara dengan sistem pajak territorial yang memiliki CFC guidelines, yaitu Prancis. Akan tetapi, perlu untuk diketahui bahwa Prancis memberlakukan mekanisme kredit untuk penghasilan pasif yang berasal dari luar negeri .

Berdasarkan kedua ketentuan di atas, dapat dijelaskan apa yang dimaksud dengan uang pesangon, uang manfaat pensiun, tunjangan hari tua, atau jaminan hari tua yang menjadi objek PPh Pasal 21 final ini, yaitu. Jika nilai pasar atau nilai wajar yang ditetapkan oleh perusahaan jasa penilai atau ahli penilai ternyata tidak mencerminkan keadaan yang sebenarnya, Dirjen Pajak menetapkan kembali nilai pasar atau nilai wajar aktiva yang bersangkutan. Besarnya peredaran bruto tertentu merupakan jumlah peredaran bruto dalam satu tahun dari tahun pajak terakhir sebelum tahun pajak bersangkutan, yang ditentukan berdasarkan keseluruhan peredaran bruto dari usaha, termasuk peredaran bruto dari cabang. Sementara itu, apabila pengguna jasa bukan merupakan pemotong PPh, kontraktor selaku pemberi jasa dan penerima penghasilan wajib menyetorkan sendiri PPh ultimate yang terutang tersebut. Berikut besarnya tarif pemotongan pajak yang ditetapkan atas bunga simpanan koperasi.

Kedua, biaya penyusutan atas benda-benda yang digunakan dalam pekerjaan atau perusahaan dan atas piutang yang timbul dalam melakukan pekerjaan atau dalam perusahaan. Sementara itu, sumbangan yang boleh dikurangkan ialah hanya sumbangan-sumbangan kepada badan-badan tertentu. Pakaian adalah contoh klasik dari biaya yang mempunyai karakteristik gabungan, yaitu biaya terkait kegiatan usaha dan biaya sehubungan dengan kepentingan pribadi. Di AS, biaya pakaian boleh menjadi pengurang hanya jika biaya pakaian tersebut ditujukan untuk pembuatan seragam yang dipersyaratkan oleh pemberi kerja. Alasannya, pakaian pada umumnya merupakan pilihan pribadi dari masing-masing individu meskipun dalam paktiknya pakaian tersebut tidak akan digunakan di luar pekerjaan.

Sementara itu, pada konsep ”The Capital Maintenance Concept of Income”, modal harus dipelihara agar penghasilan dapat terus diperoleh. Dengan demikian, apabila penghasilan digunakan untuk konsumsi, pihak yang melakukan konsumsi tidak menjadi miskin atau berkurang kekayaannya. Konsep dasar penghasilan harus dirumuskan secara komprehensif, objektif, dan adil. Lebih lanjut, Holmes berpendapat bahwa dalam menyusun definisi penghasilan yang best, langkah penting untuk dilakukan terlebih dahulu adalah mendefinisikan karakteristik wajib pajak yang menjadi tolak ukur sekaligus yang memengaruhi kapasitas untuk membayar. Definisi ini harus melibatkan pertimbangan dari faktor-faktor yang memengaruhi kapasitas untuk menghasilkan, seperti kesehatan, pendidikan, serta peluang sosial dan ekonomi. Sementara itu, features merepresentasikan elemen lainnya yang memenuhi definisi penghasilan tanpa memperhatikan apakah elemen tersebut diterima dari aktivitas sehari-hari atau tidak.

Biaya yang juga dikenal dengan istilah biaya sehari-hari ini diartikan sebagai semua biaya yang dikeluarkan perusahaan yang sifatnya ”zakelijk” atau dikenal dengan istilah ”saklek”. Dengan kata lain, biaya-biaya untuk mendapatkan, menagih, dan memelihara keuntungan adalah semua biaya yang lazimnya harus dikeluarkan secara rutin oleh perusahaan. Misalnya, biaya pengangkutan barang, gaji pegawai, sewa gudang, pembayaran listrik perusahaan, dan sebagainya. Namun, perlu diingat bahwa biaya sehari-hari yang dapat dikurangkan sekaligus dari penghasilan bruto adalah biaya sehari-hari yang masa manfaatnya terbatas.

Hal yang diperhatikan untuk mencegah pecah kongsi

Dengan kata lain, hak pemajakan di Negara Y tidak dibatasi karena penerapan Pasal 10 ayat P3B Negara X dan Negara Y. Khusus di UK dan negara persemakmurannya, pembebasan utang dianggap sebagai penghasilan modal sehingga ketentuan pengenaan PPh-nya akan mengikuti ketentuan PPh atas penghasilan modal yang berlaku di negara tersebut. Secara administratif, penghasilan yang menjadi objek PPh harus dikenai pajak serta dilaporkan pada Surat Pemberitahuan wajib pajak. Sementara itu, penghasilan yang bukan merupakan objek PPh, walaupun tidak dikenai PPh, juga tetap harus dilaporkan pada SPT wajib pajak sebagai informasi bahwa wajib pajak yang bersangkutan menerima penghasilan yang dikecualikan sebagai objek PPh. Apabila seseorang yang telah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak meninggal dunia dan meninggalkan warisan yang belum terbagi, warisan yang belum terbagi tersebut kedudukannya sebagai subjek pajak menggunakan NPWP dari wajib pajak yang meninggal dunia. Ahli warisnya wajib melaporkan penghasilan dan PPh terkait yang berasal dari warisan tersebut dalam SPT PPh Tahunan Orang Pribadi.

Dengan demikian, berlawanan dengan capital gain yang merupakan realised gain, capital appreciation merupakan penghasilan yang belum terealisasi . Definisi penghasilan untuk tujuan pajak sebagaimana dijelaskan oleh Simons di atas, dapat digambarkan melalui Gambar 2.1 berikut. Kutipan di atas menunjukkan bahwa menurut Simons penghasilan adalah jumlah aljabar antara nilai pasar dari konsumsi dan perubahan nilai kekayaan yang disimpan dalam suatu periode waktu tertentu. Dengan demikian, sebagaimana yang dikemukakan oleh Haig, Simons juga berpendapat bahwa dalam menghitung penghasilan, antara konsumsi dengan tabungan (perubahan nilai dari hak-hak atas harta antara awal periode dengan akhir periode yang bersangkutan) harus dijumlahkan. Ketiga, besarnya penghasilan dari suatu pihak ditentukan dengan menjumlahkan besarnya penghasilan yang sesungguhnya dikonsumsi pada suatu periode ditambah dengan kenaikan neto kekayaan pihak yang bersangkutan .

Leave a Reply

Your email address will not be published.