Ingin Mendirikan Perusahaan Teknologi? Perhatikan Hal Ini

Dimasukannya capital appreciation ke dalam definisi penghasilan menunjukkan bahwa Konsep SHS mengadopsi prinsip akrual, yaitu prinsip yang mengakui adanya penghasilan meskipun penghasilan tersebut belum diterima atau terealisasi secara nyata. Berdasarkan pendapat yang dikemukakan oleh Schanz, Haig, dan Simons di atas, dapat disimpulkan bahwa konsep penghasilan sebagaimana dikemukakan dalam Konsep SHS menggunakan prinsip gross revenue sebagai awalan perhitungan. Dalam Konsep SHS, yang termasuk dalam gross income mencakup upah atau gaji, penghasilan usaha, sewa, royalti, penghasilan dari modal, hibah dan warisan, natura dan kenikmatan, pensiun, penghasilan dari pengalihan, serta penghasilan sewa. Selain itu, penerapan dari Konsep SHS juga menyebabkan capital appreciation masuk dalam pengertian penghasilan untuk tujuan pajak.

Selain kelebihan di atas, berikut kelebihan lainnya yang dimiliki sistem schedular taxation. Singkatnya, penerapan kedua sistem tersebut sifatnya indifferent atau netral bagi penerimaan selama dilengkapi dengan ketentuan yang menjamin foundation pajak. Tidak ada suatu sistem yang tampaknya lebih dominan bagi tercapainya penerimaan pajak yang lebih besar, ceteris paribus.

Hal yang diperhatikan untuk mencegah pecah kongsi

Dari ketiga ilustrasi tersebut terlihat bahwa tarif pajak efektif di Indonesia masih sangat tinggi. Terutama ketika pemegang saham memutuskan untuk melakukan investasi di luar negeri melalui perusahaan anak. Tingginya beban tersebut berpotensi untuk mengurangi motivasi pemilik modal ataupun korporasi dari Indonesia untuk melakukan investasi ke luar. Di sisi lain, tingginya beban tersebut juga mendorong praktik penghindaran pajak.

Menyadari pentingnya peran PPh bagi keberlangsungan suatu negara, tidaklah berlebihan jika dikatakan bahwa penguasaan akan konsep PPh menjadi penting. Alasannya, berbagai kebijakan PPh harus disusun berdasarkan landasan konseptual sehingga dapat diterapkan sesuai dengan tujuannya. Dengan kata lain, perumusan dan penerapan kebijakan PPh yang tidak didasari atas pemahaman konsep yang signifikan dipastikan tidak akan berjalan efektif dan efisien. Selain punya karakter yang baik, ia atau mereka juga harus memiliki komitmen dan visi yang sama dalam menjalankan usaha dan apa yang ingin diraih dalam bisnis tersebut. Sebelumnya perlu disepakati mannequin bisnis patungan, apakah semua pendiri akan terlibat mengelola bisnis atau satu orang dipercaya mengelola sementara yang lain pasif dan hanya mengawasi.

Melalui mekanisme PAYE, setiap karyawan menerima upah, pemberi upah akan langsung memotong pajak atas penghasilan tersebut. Akibatnya, dalam twin income tax, penghasilan dari berbagai kegiatan ekonomi harus dipisahkan, mana yang merupakan penghasilan modal dan mana yang merupakan penghasilan dari pekerjaan. Pengenaan PPh final dianggap lebih sederhana sehingga tujuan awal dari penerapannya adalah untuk memberi kemudahan administratif bagi wajib pajak. Tidak heran jika metode atau cara ini umumnya digunakan dalam mannequin perpajakan khusus yang disebut dengan presumptive regime.

Pertama, untuk mengidentifikasi kategori penghasilan yang menerapkan ketentuan pengurangan khusus serta ketentuan mengenai beda waktu. Kedua, untuk mengkarakterisasi penghasilan tertentu apakah merupakan penghasilan kegiatan usaha atau penghasilan modal. Terutama, jika sistem pengenaan PPh yang diterapkan atas penghasilan dari hubungan pekerjaan adalah sistem pemotongan/pemungutan pajak . Keduanya menyatakan bahwa lembaga amal adalah subjek pajak yang dapat dikenai pajak untuk jenis pajak yang lain. Khusus untuk PPh, lembaga amal di kedua negara tersebut mendapatkan pengecualian pajak.

Alasannya, tidak ada dorongan bagi perusahaan Indonesia untuk melakukan inversi dan perubahan kepemilikan.Hanya saja, sistem pajak ini lebih rentan untuk mendorong terjadinya outbound funding serta meningkatkan risiko adanya pengalihan laba. Dengan demikian, yang harus dilakukan adalah memperkuat ketentuan anti penghindaran pajak, khususnya untuk pembatasan biaya bunga dan switch pricing. Perilaku pengalihan laba umumnya juga disebabkan oleh karena minimnya peluang untuk merepatriasi dana dalam sistem pajak worldwide.

Proses perpindahan ini juga dapat dianggap untuk alasan bisnis jika menghasilkan penghematan waktu perjalanan setidaknya satu jam per hari. Beberapa negara tetap berpegang pada prinsip umum bahwa biaya yang terkait dengan usaha adalah satu-satunya jenis biaya yang diperbolehkan sebagai pengurang penghasilan bruto sehingga bunga atas pinjaman pribadi untuk tujuan konsumsi tidak dapat menjadi pengurang. Kedua, biaya yang diperbolehkan menjadi pengurang penghasilan bruto adalah biaya yang memiliki hubungan dengan kegiatan yang dikenai pajak. Dengan kata lain, biaya tersebut dikeluarkan untuk tujuan memperoleh atau memproduksi penghasilan yang merupakan objek pajak.Dengan demikian, biaya-biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh penghasilan yang bukan objek pajak, tidak dapat dijadikan pengurang penghasilan bruto.

Penghasilan kantor pusat di luar cakupan di atas, bukan merupakan penghasilan BUT. Agar memenuhi syarat, beasiswa tersebut harus dibayarkan oleh organisasi pemerintah atau organisasi amal dan tidak terdapat persyaratan adanya jasa yang harus dilakukan pihak penerima agar menerima beasiswa tersebut. Selain itu, tujuan pemberian beasiswa haruslah untuk penelitian atau pendidikan lebih lanjut. Pengecualian beasiswa sebagai objek PPh ini juga meliputi biaya hidup, bahkan untuk sarjana senior. Terdapat syarat yang harus dipenuhi oleh wajib pajak agar beasiswa yang diterima dikecualikan sebagai objek PPh, yaitu wajib pajak penerima beasiswa harus menjadi kandidat atau calon siswa atau mahasiswa di institusi pendidikan yang diakui. Dengan demikian, beasiswa yang diterima ketika wajib pajak melakukan pengajaran, penelitian, atau jasa lain sebagai syarat hibah, tidak tercakup dalam ketentuan pengecualian ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.