Didukung Lpei, Briket Arang Kelapa Asal Kendal Tembus Pasar Ekspor

Tim PPUD Unisa yang diketuai oleh Diyah Candra Anita, dari Fakultas Ilmu Kesehatan, melalui program pendanaan kegiatan pengadian masyarakat dari Ristek DIkti, berhasil mengimplementasikan rencana untuk meningkatkan usaha ekspor briket arang batok kelapa BriqCo. Hal itu terus-menerus dilakukan sampai drum penuh dengan tempurung kelapa. Setelah penuh, drum ditutup dan seluruh batok kelapa di dalam drum mengalami proses pembakaran. Setelah dipisahkan dengan sampah- sampah hasil pembakaran itu, arang tempurung kelapa akan menjadi bahan baku produk arang inovatif yang akan diekspor ke pasar dunia. Arang kayu merupakan salah satu komoditas ekspor nonmigas yang terbuat dari bahan dasar kayu.

EKspor arang kelapa

Melihat proses produksi yang dikerjakan mengikuti standar internasional, pengusaha Arab Saudi tersebut langsung tertarik untuk mengimpor arang kayu CV. Promosia Dagang Asia dengan pengiriman per bulan sebesar 40 Highcube . Sedang arang aktif pejualan di dalam negeri menurun karena teknisi alat penyaring air tidak bisa masuk ke rumah-rumah untuk mengganti saringan filter air. Briket arang batok kelapa asal Jateng lanjut Dipta memang diminati banyak negara internasional. Kualitasnya dinilai sebagai yang terbaik di dunia, sehingga banyak negara berminat mengimpor. “Ekspor briket arang kelapa naik, mencapai 20 persen,” kata Istikanah.

Dan berharap pemerintah melirik usaha briket arang ini agar dapat memulai kerjasama dengan beberapa negara didunia. Biasanya arang ini bisa ditemui di supermarket atau alat kebutuhan rumah tangga. Arang batu bara juga tak menimbulkan asap berlebih jadi pesta bbq bisa berjalan dengan nyaman. Biasanya arang jenis ini digunakan untuk alat panggang trendy yang punya area pembakaran khusus. Arang BriketArang briket umumnya terbuat dari campuran arang kayu, arang batok kelapa, arang serbuk gergaji, arang sekam dan jenis arang lainnya.

“Keberhasilan tersebut tidak lepas dari kemauan pelaku UKM dalam mengikuti proses pendampingan dan berkonsultasi dengan pengajar untuk hal-hal yang bersifat teknis dalam persiapan ekspor, seperti kelengkapan dokumen dan proses pengiriman,” ujarHeryono. Riski mengatakan, potensi besar tanaman kelapa yang dimiliki oleh nagari itu, dijadikanya sebagai peluang besar melalui BUMNag Mutiara Mandiri untuk meningkatkan ekonomi dan pendapatan masyarakat. Kami butuh knowledge para pembeli arang dari luar negeri, karena harga di dalam negeri tidak dapat menutupi biaya operasional pembuatannya.

Oleh karena, itu makanan khas di daerah jazirah Arab seperti nasi kebuli, nasi bukhori, nasi briani, dan nasi mandi lebih banyak diolah dengan menggunakan pembakaran dari arang kayu. Pasar ekspor briket arang kelapa untuk shisha saat ini mengalami penurunan lebih dari 50%. Beberapa pabrik sudah berhenti berproduksi karena importir di luar negeri masih wait and see dengan kondisi sekarang sehingga tidak melakukan order pembelian. Yogi Abimanyu, Ketua Umum Perkumpulan Perusahaan Arang Kelapa Indonesia menyatakan hal ini kepada Media perkebunan.id.

Sampai saat ini, CV Indoarab Interprise telah mengekspor produknya hingga ke 10 negara tujuan ekspor. Seiring dengan semakin banyaknya permintaan dari pasar luar negeri, karyawan CV Indoarab Interprise ini terus bertambah. Saat ini tercatat one hundred thirty orang tenaga kerja yang sebagian besar ibu-ibu di sekitar desa. Mereka ikut terlibat, diantaranya membantu proses pengemasan produk. Saat sempat berbincang dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam sebuah pameran kerja sama Kemenkeu dan Pemerintah Kabupaten Kendal, Istikanah yang sudah berbisnis briket arang batok sejak 9 tahun lalu itu menyampaikan terima kasihnya pada pemerintah.

Inilah yang menyebabkan permintaan besar dan meningkat di pasar world. Meskipun pasar ini spesifik untuk orang-orang yang sadar akan kesehatan, ini memiliki prospek bagus di masa mendatang terutama di negara-negara maju. VCO dapat dikonsumsi secara langsung atau sebagai minyak goreng dan bahan makanan. Di samping itu, Indonesia merupakan eksportir terbesar kedua untuk produk kopra baik itu yang mentah maupun diolah. Pada tahun 2018 Indonesia mampu mengekspor produk kopra mentah dengan nilai 354 juta USD .

Selaku fasilitator pertanian di perdagangan internasional, pihaknya juga secara aktif turut dalam forum internasional guna memperbaharui kesepakatan-kesepakatan “G to G” terkait aturan sanitari dan fitosanitari yang dipersyaratkan negara tujuan. PCC yang berlokasi di Kabupaten Sumenep, Pulau Madura, mengolah tempurung kelapa menjadi komoditas ekspor yang diterima di Eropa. Dukungan pengelolaan bisnis dari LPEI juga terbukti bermanfaat, sehingga perusahaan yang ia kelola bisa memiliki relasi lebih luas. “Pendampingan dilakukan secara profesional mulai dari peningkatan produksi, kurasi sampai dapat sertifikasi yang dibutuhkan di negara tujuan ekspor,” jelasnya. Ia juga mendorong perbankan menyalurkan pembiayaan bagi UMKM dengan porsi yang lebih besar.

Berbagai macam pilihan ekspor arang batok kelapa tersedia untuk Anda, seperti kayu keras, batok kelapa, dan bambu. Anda juga dapat memilih dari kimia zat bantu ekspor arang batok kelapa. Juga dari lapisan agen tambahan, pengolahan air bahan kimia, dan aditif minyak bumi ekspor arang batok kelapa.Dan apakah ekspor arang batok kelapa tersebut dapat didaur ulang, dasar pembersih, atau bernapas. Di antara komoditas ekspor yang mulai banyak dilirik saat ini, ada briket arang batok kelapa atau coconut charcoal. Bahan bakar alternatif yang kerap digunakan untuk memasak, terutama untuk memanggang bahan makanan dan untuk keperluan rokok pipa shisha, ini selain banyak diminati pasar dunia, juga ditengarai kebal krisis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.