Arang Dari Indonesia Ternyata Dicari Di Kuwait, Peluang Ekspor Terbuka Lebar

Dari sekian banyak komen, saran saya sepert ini untuk teman teman yang ingin arang kayu atau arang batok kelapa nya dapat diekopor. Pengusaha briket arang kelapa di Jateng justru kebanjiran pesanan dari pasar internasional. Hal itu pengusaha sampaikan beberapa waktu lalu saat menghadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di ruang kerjanya. “Selain Turki, Kaya Sinerji saat ini sudah menerima permintaan produk briket arang kelapa untuk dikirim ke Bosnia, Albania, Rusia, Prancis dan Amerika Serikat,” ujar Tufan Algivari. Fungsi bahan kimia itu hanya untuk dapat menyalakan api pada arang tersebut tanpa harus menggunakan bahan bakar, seperti minyak tanah. Dari arang tempurung, PT GCI mengolah atau memprosesnya lebih lanjut menjadi produk arang yang berorientasi ekspor.

Dia mengungkapkan produk briket arang yang berhasil diekspor memiliki kualitas terbaik di dunia. Saat ini CV Indoarab Interprise sudah mengekspor produk hingga ke 10 negara tujuan. Menurut dia dengan naiknya permintaan pasar dari luar negeri ini membuat kebutuhan tenaga kerja meningkat. Jakarta – Sebanyak 7 pelaku usaha kecil dan menengah peserta program pendampingan ekspor (Export Coaching Program/ECP) Kementerian Perdagangan berhasil melakukan ekspor perdana ke mancanegara.

Wali kota Manado, Andrei Angouw saat mengikuti rapat digital ekspor arang tampurung bersama Konjen RI Istambul Turki, Imam As’ari yang dilaksanakan DPP PERPAKI. Karena mendapat manfaat besar dari program PKEI LPEI, dia mengajak UMKM di berbagai daerah untuk turut serta memanfaatkan program tersebut karena terbukti perusahaan yang dikelolanya mampu terus tumbuh, bisnis semakin berkembang, juga mampu menambah lapangan pekerjaan. Dubes Tharyat juga mencatat beberapa masukan penting dari pihak importir mengenai pentingnya ketepatan waktu pengiriman, pemeliharaan kualitas produk yang stabil, dan kompetitif harga yang perlu dipertahankan.

EKspor arang kelapa

Peluang itu pun seharusnya dapat ditangkap oleh pelaku usaha kecil dan menengah untuk memanfaatkan batok kelapa. Didi pun menjelaskan, capaian ini melanjutkan keberhasilan UKM peserta ECP sebelumnya yang telah berhasil melakukan ekspor perdana. Justru selama pandemi, pengusaha briket arang batok kelapa Jateng kebanjiran pesanan dari pasar internasional. Sebagai pemain baru di bidang industri baru, TCI memang harus melakukan edukasi dan kampanye arang batok kelapa, juga membuka kesempatan bagi yang lain jika ingin belajar.

Barang komplementer adalah sebuah barang yang dimana memiliki kegunaan untuk melengkapi antara barang yang satu dengan barang yang lainnya. Kemudian, apabila pada satu buah barang tersebut tidak terdapat pada barang tersebut makan mengalami penurunan dari sebuah fungsi dari barang tersebut dan bahkan mungkin tidak akan dapat menjalankan barang tersebut dan membuatnya menjadi tidak berfungsi. Campurkan sedikit kecap dan minyak goreng ke dalam wadah untuk bahan olesan. “Keberhasilan pelaku UKM ini cukup membanggakan di tengah kendala logistik kelangkaan kontainer ekspor selama pandemi Covid-19.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga akan mendukung terbentuknya asosiasi di kalangan pengusaha briket arang batok kelapa. Selain sebagai wadah komunikasi, dengan asosiasi itu semuanya memiliki wadah untuk maju bersama. BriqCo pun mulai mengemas limbah produksi menjadi bara-bara, yaitu briket batok kelapa dengan kualitas yang lebih rendah, yang dibuat untuk usaha barbeque native. Pemanfaatan limbah ini patut diacungi jempol karena artinya semuanya bisa termanfaatkan secara optimum. Produksi bara-bara masih belum memenuhi target, karena masih terkendala bahan baku batok kelapa yang semakin sulit didapat, akibat beberapa kelapa di Sumatra telah diekspor ke luar negeri.

Hal ini adalah terobosan yang kreatif dan efisien, karena memanfaatkan teknologi digital dan yang terpenting bermanfaat bagi usaha kecil dan menengah dan masyarakat. Petugas Divisi Purchasing International PPI siap mengekspor arang batok dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Terakhir setelah dicetak sesuai ukurannya maka berikutnya di masukan ke mesin oven sampai akhirnya kering. Bentuk yang biasa di minta untuk Shisa adalah Kotak cube seperti kubus dengan ukuran 2.5 cm x 2.5 cm x 2.5 cm ada juga seperti Hexagonal dan ada juga seperti persegi panjang dan seperti bantal atau bulat bulat.

“Kami berharap pemerintah bisa membantu dengan mengeluarkan regulasi agar ada jaminan ketersediaan bahan baku, mengingat potensi devisa yang dihasilkan dari ekspor briket ini sangat besar,” tuturnya. Ketua Umum Himpunan Pengusaha Briket Arang Kelapa Indonesia, Basuki menyatakan, kapasitas produksi arang kelapa dari anggota organisasi yang dipimpinnya mencapai 7.500 ton per bulan atau bisa menghasilkan Rp 1,7 triliun rupiah per tahun. “Kualitas arang kayu Indonesia adalah pilihan favorit untuk masyarakat Kuwait,” ujar Kassim Alkanatara yang merupakan pemilik perusahaan importir. Jenis arang kayu yang berkualitas baik adalah yang tidak memercikan api dan abu/sisa pembakaran yang berwarna putih. Dubes Tharyat bercerita bahwa KBRI Kuwait berkesempatan untuk mengunjungi fasilitas penyimpanan arang kayu Mohamad Al Jahili General and Trading Company, importir arang kayu asal Indonesia. Sejak 2018, perusahaan Al Jahili mengimpor arang kayu dari dua eksportir Indonesia dari Jawa Timur dan Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.